Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Blog - Panduan Blogger Pemula untuk tahun 2020

Cara memulai bloging bagi pemula

Cara Memulai Blog - Panduan Blogger Pemula untuk tahun 2020

Jadi, Anda ingin memulai blog ya? Ide yang hebat!

Tapi ... bagaimana Anda memulai? Ada begitu banyak info di web, dan semua orang memberi tahu Anda untuk melakukan hal yang berbeda. Siapa yang kamu dengarkan? Di mana titik awalnya?

Sial, mungkin Anda harus melupakannya - ini terlalu membingungkan!

Baiklah, tahan. Saya juga seorang pemula blogging. Saya memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog saya pada tahun 2017, dan saya tahu sedikit tentang blogging. Bahkan, baru seminggu sebelum saya mengetahui apa itu blog.

Sekarang saya setidaknya tahu banyak tentang mereka, Saya bukan semacam Guru , tetapi saya tentu sedikit tahu dasar-dasarnya. Dan sekarang saya akan berbagi dari pengalaman saya selama ngeblog.
Saya berjanji itu akan sederhana , relatif mudah , dan pasti mudah dimengerti (tidak ada jargon bodoh). Kedengarannya bagus?

Luar biasa, mari kita lanjutkan.

Mengapa Anda harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging
Jadi di bawah ini, saya akan menjelaskan apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi Anda . Sebelum kita menyelam, saya benar-benar ingin berbicara tentang MENGAPA Anda harus membangun blog.

Catatan : Jika Anda sudah memiliki ide yang kuat tentang mengapa, lewati ini dan langsung saja dengan panduan ini.

Blogging dengan cepat menjadi salah satu cara paling populer untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi dan berita. Ada jutaan blog online (jangan khawatir, Anda dapat membuat blog Anda menonjol dan diperhatikan!).
Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri Anda dan juga cara yang fantastis untuk berbagi informasi dengan orang lain.
Anda menjadi orang yang lebih baik dan penulis yang lebih baik.
Alasan terbaik? Anda dapat menghasilkan uang dengan melakukannya!
Saya yakin Anda sudah tahu semua itu, tapi senang diingatkan.

Satu hal terakhir sebelum kita mulai:

Membuat blog sendiri dapat memakan waktu agak lama, mungkin hingga 30 menit. Jadi ambil sendiri kopi atau jus (apa pun yang Anda suka) dan mari terjebak. Jika Anda membutuhkan bantuan selama proses pengaturan, hubungi saya di sini dan saya akan membantu sebaik mungkin dan menjawab pertanyaan Anda mungkin).

Perhatikan: Panduan ini untuk memulai blog Anda sendiri mengandung beberapa tautan afiliasi. Jika Anda membeli layanan apa pun melalui salah satu tautan ini, saya mungkin mendapat komisi kecil, ini tanpa biaya tambahan untuk Anda.

Langkah-Langkah Yang Dicakup Dalam Panduan Blogging Ini
Ini sama sulitnya dengan membuat situs web dari awal (hanya ada sedikit kemampuan teknis yang diperlukan di sini). Bahkan, tidak ada kode yang diperlukan oleh Anda. Berita bagus, ya?

Cara Memulai Blog dalam 4 Langkah:
Ada empat langkah utama yang perlu Anda lakukan untuk memulai blog. Jika Anda mengikuti panduan ini dengan tepat, Anda akan memiliki blog Anda sendiri dalam 30 menit atau kurang.


  • Pilih platform blog yang bagus
  • Pilih host web untuk blog anda
  • Atur blog di domain anda sendiri 
  • Rancang blog baru anda sumber daya yang berguna untuk blogging

Jadi, kamu berhasil. Biuh... Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali! Jadi, tanpa basa-basi, mari beralih ke langkah 1.


Langkah 1 - Pilih platform blogging pilihan Anda

Memilih di mana Anda ingin membangun blog adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Saya akan melakukan lompatan dan menganggap Anda pernah mendengar tentang Blogger atau WordPress , dan ini adalah platform yang saya anjurkan. Ini sangat besar .

Ini,sejauh ini merupakan salah satu platform blogging terbesar di dunia, Pengguna mudah dan dengan plugin dan add-ons yang tak terhitung jumlahnya dan cara yang hampir tak terbatas untuk merancang dan tata letak blog Anda.

Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress = banyak, pada dasarnya.

Namun ada alternatif lain, dan mereka terdaftar di bawah ini:

Blogger - Pasti hal terbaik berikutnya untuk WordPress.

Tumblr - Jaringan sosial setengah, setengah blog. Menarik, dan sangat mudah digunakan.

Meskipun WordPress lebih besar (dan mungkin lebih baik) daripada keduanya, berikut adalah alasan saya mengapa Anda masih harus menggunakan WordPress :

Pengaturan super mudah dan gratis untuk digunakan

Banyak tema dan tata letak gratis (saya tidak bercanda, ada gazillions).

Ada forum dukungan besar jika Anda macet (tapi anda tidak akan, tetapi senang memilikinya di sana jika Anda membutuhkannya).

Blog Anda akan sangat cepat dan itu juga akan terlihat Fungsionalitas dan bentuk - sempurna!

Orang-orang dapat berinteraksi dengan Anda dengan mudah. Konten Anda dapat dibagikan, dikomentari, dan sebagainya.

Inilah artikel tentang berbagai platform blog (termasuk WordPress), bacalah:

Sekarang , Langkah 2 (lihat, kita bergerak cepat sekarang!)

Langkah 2 - Hosting mandiri atau alternatif gratis?

Wah, pelan-pelan di sana! Ini adalah keputusan terbesar yang harus Anda buat sebelum melangkah lebih jauh. Anda perlu memutuskan apakah akan membayar untuk blog Anda atau mengambil yang gratis.

WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan blog gratis untuk siapa saja. Luar biasa, bukan? Ini sempurna bagi kita yang tidak terlalu serius tentang blogging. Tetapi memiliki kelemahan :

1) Anda tidak akan bisa mendapatkan nama domain SENDIRI

Di blog gratis, alamat web blog Anda (URL Anda) akan jelek. Seperti, sangat jelek. Singkatnya, buat blog gratis dengan layanan blog gratis lainnya di atas dan akan terlihat seperti ini:

yourblog.wordpress.com
yourblog.blogspot.com
yourblog.tumblr.com
Aku tahu, kurang menarik kan?

2) Batas dan batas lainnya

Ada beberapa batasan untuk blog gratis. Anda tidak dapat sepenuhnya memonetisasinya, dan Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin Anda tunjukkan kepada semua orang - semuanya terbatas. Lebih buruk lagi, Anda bahkan tidak akan memiliki akses ke tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress.

3) Anda TIDAK MEMILIKI blog Anda sendiri

Awalnya mungkin terdengar konyol, tetapi Anda sebenarnya tidak memiliki blog. Di-host di properti web orang lain dan mereka dapat menghapusnya jika mereka mau. Mereka telah melakukannya di masa lalu, dan terus melakukannya di masa depan. Yang berarti semua kerja keras Anda di blog Anda, semua jam menulis posting blog yang tak terhitung jumlahnya mungkin lenyap dalam hitungan detik. Sedih…

Di sisi lain, dengan blog yang dihosting sendiri di nama domain Anda sendiri - Anda adalah pemilik NYATA blog Anda. Anda dapat memberi nama blog Anda apa pun yang Anda inginkan, misalnya, "YourName.com" atau "YourAwesomeBlog.com. Anda dapat mengakhirinya dengan .id.com, .co.uk, .net, .org, atau hampir semua sufiks web lainnya. Tambahkan ke bandwidth tidak terbatas itu untuk video, gambar, dan konten plus tema gratis dan Anda memiliki kombo yang unggul.

Jadi berapa hosting dan nama domain? Tidak sebanyak yang Anda pikirkan, untungnya. Biasanya berhasil sekitar Rp 80.000 hingga Rp 160.000 per bulan, tergantung pada penyedia hosting jika Anda mau hosting bonus domain kalian bisa cek disin Promo Hosting Gratis Domain Selamanya.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan, inilah beberapa informasi lebih lanjut untuk Anda lihat:

Langkah 3 - Mulai blog di domain Anda sendiri (jika Anda memilih hosting sendiri dan domain khusus)

Saya akan maju terus berdasarkan premis yang Anda pilih WordPress, dan jika belum, Anda harus melakukannya. Serius, ini yang terbaik.

Jika Anda masih sedikit bingung dengan apa blog yang di-host sendiri, izinkan saya untuk menjelaskan dan bagaimana Anda bisa mengaturnya sendiri.

Anda harus membuat nama domain yang Anda sukai dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat meng-host blog Anda.

Domain: Domain ini pada dasarnya adalah URL situs web Anda. Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain). Lihat? Sederhana!

Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan situs web Anda di internet sehingga semua orang dapat melihatnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja sebagai hard drive komputer di internet tempat blog Anda akan disimpan.

Perhatikan : Saya sarankan menggunakan Niagahoster untuk hosting web. Jika Anda mengklik salah satu tautan saya dan melakukan pembelian, saya akan menerima komisi, yang membantu saya tetap menjalankan blogging Terima kasih.

Secara pribadi, saya menggunakan Niagahoster(untuk domain blog dan hosting saya yang lain) , dan saya tidak punya apa-apa selain mengatakan hal-hal baik tentang itu.

Ini mungkin salah satu penyedia hosting termurah (kurang dari 10.000 unlimited hosting per bulan) di luar sana. Sebuah nama domain akan berharga sekitar $ 10-15 per tahun, tetapi dengan Niagahoster, Anda bisa mendapatkannya secara GRATIS hanya beli hostingnya saja.

Jika Anda Mendaftar Hosting dengan Niagahoster, pastikan untuk menggunakan kode kupon  LT8869 karena ini akan membuka kunci diskon maksimum yang mereka tawarkan pada semua paket hosting mereka.

😄 Senyum lebar untuk itu!

Mereka adalah penyedia yang saya gunakan untuk semua blog hosting saya.

Jika karena alasan apa pun Anda tidak ingin menggunakan Niagahoster, silakan pilih perusahaan hosting Anda sendiri. Sebagian besar, jika tidak semuanya, harus memiliki solusi pemasangan WordPress " satu-klik" pada panel admin mereka.

Tombol itu akan secara otomatis menginstal WordPress di blog Anda. Apakah saya mengatakan itu sederhana atau apa?

Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar dengan Niagahoster (atau penyedia yang Anda pilih), pilih paket hosting Anda dan nama domain dan cari tombol install WordPress satu-klik pada panel admin.

Wordpress Essential tidak sering dibutuhkan, tetapi saya akan merekomendasikan privasi whois (yang akan menjaga semua detail pribadi Anda) dan pasti backup otomatis (yang akan menyelamatkan situs web Anda kalau-kalau ada yang gagal atau menghilang sehingga Anda tidak akan kehilangan apapun atau sangat sedikit dari blog Anda).

Setelah WordPress dipasang di situs web Anda, yang harus Anda lakukan untuk memulai blog adalah pergi ke halaman WP-Admin Anda biasanya www.yourblognamehere.com/wp-admin dan mulai menulis dengan menambahkan posting baru.

Pada awalnya, tata letak terlihat membingungkan, tetapi menjadi sangat mudah dimengerti. Jangan khawatir!

Langkah 4 - Merancang blog WordPress Anda
Sekarang, sedikit bersenang-senang.

Mari kita buat blog Anda terlihat persis seperti yang Anda inginkan. Untuk memilih tema baru, Anda dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau Anda dapat menuju ke situs web tema premium seperti ThemeForest.net  dan  membeli tema untuk harga banyak pilihan. Bisa disesuaikan dengan budget anda

Ingat, desain blog Anda harus mencerminkan Anda dan kepribadian Anda, tetapi juga tentang apa blog itu. Tidak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi sepak bola jika blog Anda tentang tenis, mengerti?

Selain itu, harus mudah dinavigasi jika Anda ingin orang-orang tetap tinggal. Jika sulit dan sulit untuk bergerak, orang tidak akan tinggal. Bagaimanapun desain adalah seni subjektif; artinya setiap orang menyukai hal yang berbeda.


Tapi tidak ada yang suka situs web yang kurang menarik, dan mereka terutama membenci situs web yang membutuhkan gelar sarjana untuk bernavigasi. Buat itu mudah bagi mereka.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Blog - Panduan Blogger Pemula untuk tahun 2020"