Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupas Tuntas Pengertian, Definisi Platform Dalam Ilmu Komputer


Pengertian Platform

Mungkin Anda pernah mendengar kata-kata Platform tapi Anda belum tahu apa itu Platfrom? Kabar baiknya kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Platform, sebelum Anda mendalamkan platform yang lebih mendalam, Anda harus tahu platform sebenarnya yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu platform yang bekerja pada Hardware dan Software (OS) Platform yang bekerja pada perangkat lunak. saja (Java, .Net)
Tapi pada postingan kali ini saya hanya menjelaskan platform yang bekerja pada Hardware & Software.

Kupas tuntas pengertian platfor dalam dunia komputer

Menurut Wikipedia - Dalam ilmu komputer, platform adalah kombinasi antara sebuah perangkat dengan perangkat cerdas. Penggunaan perangkat lunak, khusus perangkat lunak aplikasi, dapat berjalan. Platform yang umum sudah ada arsitektur, sistem operasi, bahasa permograman dan antarmuka yang terkait untuk komputer.

Platform adalah tidak ada yang penting dalam pengembangan perangkat lunak. Platform mungkin dapat didefinisikan sebagai perangkat lunak. Penyelenggara platform menyediakan pengembangan perangkat dengan perjanjian yang akan berjalan di platform yang lainnya. Kode logika ini meliputi bytecode, kode sumber dan kode mesin. Dengan demikian, pelaksanaan program tidak diaktifkan oleh jenis sistem operasi yang tersedia. Platform telah menyediakan beberapa bahasa besar mesin.
Beberapa platform perangkat lunak mengemulasikan platform perangkat keras secara menyeluruh, seperti pada virtualisasi sistem.

Jadi secara detailnya Platform adalah arsitektur hardware / fondasi / standar yang memungkinkan aplikasi / program dapat berjalan, atau bisa juga dikatakan. Sebuah Platform terdiri dari sistem operasi yaitu program komputer yang memberikan perintah-perintah untuk prosesor dan perangkat keras untuk melakukan operasi-operasi logis dan mengatur data di komputer.
Banyak orang beranggapan bahwa Platform dan Sistem Operasi adalah sama, namun pada romantis tidak. Platform dasar atau sistem dimana bekerja, platform tanpa sistem operasi tidak akan berjalan.

Definisi - apa arti Platform ?

Platform adalah sekelompok teknologi yang digunakan sebagai dasar yang lain aplikasi, proses, atau teknologi yang dikembangkan.

Dalam pribadi komputasi, platform adalah dasar hardware (komputer) dan software (operating system) pada perangkat lunak yang dapat menjalankan aplikasi. Komputer menggunakan spesifik central unit pengolahan (CPU) yang dirancang untuk menjalankan kode bahasa mesin tertentu. Dalam rangka untuk komputer untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak, aplikasi harus dalam CPU yang ganda-kode bahasa mesin. Dengan demikian, secara historis, aplikasi program yang ditulis untuk satu platform tidak akan bekerja pada platform yang berbeda.

Platform komputer umumnya mengacu pada sistem operasi dan perangkat keras komputer saja. Platform sesuai dengan seperangkat standar yang memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi untuk platform. Standar-standar yang sama ini memungkinkan pemilik dan manajer untuk membeli sesuai aplikasi dan perangkat keras. Dengan demikian, untuk menjalankan sebuah program pembukuan pada komputer, seseorang harus membeli pembukuan aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan untuk platform yang akan digunakan.

Baru berbasis standar antarmuka dan antarmuka terbuka memungkinkan program aplikasi untuk dijalankan pada beberapa platform. Selain itu, para pengembang perangkat lunak telah mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan aplikasi untuk dijalankan pada beberapa platform. Ini telah melahirkan persyaratan lintas-platform perangkat lunak dan multi platform perangkat lunak.

Web browser yang lebih baru memungkinkan pihak ketiga plug-in untuk dijalankan sebagai bagian dari browser. Oleh karena itu beberapa browser yang sekarang disebut sebagai platform karena mereka digunakan sebagai dasar untuk menjalankan program perangkat lunak aplikasi lain.

Sebuah contoh dari platform komputasi adalah sebuah laptop modern yang menjalankan Windows sebagai sebuah sistem operasi. Contoh lain akan menjadi komputer Apple yang menjalankan sistem operasi Mac OS X.

Posting Komentar untuk "Kupas Tuntas Pengertian, Definisi Platform Dalam Ilmu Komputer"