Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Teknologi Terlengkap, Pengertian, Sejarah Dan Manfaat


Definisi Teknologi Terlengkap, Pengertian, Sejarah Dan Manfaat

Dewasa ini, perkembangan zaman yang semakin modern telah mengubah pola hidup manusia menjadi lebih dinamis. Dimana manusia terus berupaya menemukan inovasi-inovasi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal itulah yang menyebabkan terciptanya teknologi. Lalu, apa sebenarnya teknologi itu?

Tanpa Anda sadari, teknologi telah membawa pengaruh besar terhadap kehidupan manusia. Bagaimana tidak, hampir seluruh bidang kehidupan manusia memerlukan teknologi. Salah satu hal nyata yang membuktikan perkembangan teknologi adalah adanya internet.



Dahulu, untuk memperoleh suatu informasi hanya dapat diperoleh melalui surat kabar. Namun kini, internet telah memberikan perubahan besar yang membawa manusia ke zaman digital. Dengan adanya internet, Anda dapat mengakses informasi apapun dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, internet juga dapat membantu Anda untuk berkomunikasi dengan banyak orang tanpa terhalang jarak dan waktu.

Berbagai teknologi yang tersedia saat ini diciptakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan segala pekerjaan dalam waktu yang singkat. Sejauh ini, apa saja jenis teknologi yang Anda ketahui? Dalam artikel kali ini akan dijelaskan dengan detail mengenai definisi pengertian teknologi, manfaat yang diperoleh dengan adanya teknologi beserta macam-macam teknologi beserta pendapat dari para ahli teknoligi yang berkembang saat ini. Langsung saja ke pembahasan pertama mengenai pengertian teknologi dibawah ini.



Pengertian Teknologi 

adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.

Teknologi berasal dari kata technologia(bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ danlogia artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin.

Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya.


Definisi Teknologi

Penggunaan istilah ‘teknologi’ dalam bahasa Inggris: technology telah berubah secara signifikan selama 200 tahun terakhir. Sebelum abad ke-20, istilah ini tidak umum dalam bahasa Inggris, dan biasanya mengacu pada penggambaran atau seni terapan penilaian. Istilah ini sering dikaitkan dengan pendidikanteknis, seperti Massachusetts Institute of Technology (didirikan pada tahun 1861).

Istilah technology mulai menonjol pada abad ke-20 bersama dengan berlalunya Kedua Revolusi Industri. Memahami perubahan technology pada awal abad ke-20 ketika para ilmuwan sosial Amerika, dimulai oleh Thorstein Veblen, menerjemahkan ide-ide dari konsep Jerman, Technik, menjadi technology . Dalam bahasa-bahasa Eropa Jerman dan lain-lain, ada perbedaan antara Technik dan Technologie, yang nihil dalam bahasa Inggris, sebagai istilah umumnya diterjemahkan sebagai technology.


Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

  • Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupansehari- hari. (M Maryono).
  • Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia (Jacques Ellil).
  • Teknologi merupakan penerapan ilmu- ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah (Gary J. Anglin).
  • Teknologi didefinisikan sebagai suatu entitas benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui proses perbuatan, pemikiran untuk mencapai suatu nilai. (NN)


Kesimpulan
Teknologi adalah alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari.

Manusia menggunakan teknologi dalam bidang komunikasi, pembelajaran, transportasi, bisnis, manufaktur, pengamanan data dan lain sebagainya. Definisi teknologi luas, setiap orang mempunyai cara sendiri memahami maknanya. Yang jelas, teknologi tidak terbatas pada smartphone, laptop, Komputer, pesawat, kereta. Peralatan sederhana seperti palu, sendok, kursi, botol pun adalah bagian dari teknologi.


Sejarah Singkat Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi adalah perubahan sistematis yang terjadi terhadap teknologi. Selama beri-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini.

1. Masa pra-Sejarah
Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.

2. Teknologi Jaman Kuno
Pada masa ini teknologi sudah berkembang ke arah kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga era Modern
Pada masa ini teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.

4. Teknologi era Revolusi Industri
Perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.

5. Teknologi di Abad 20
Pada masa ini. Neil Amstrong berhasil mendarat di bulan. Teknologi dalam bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan untuk umum dan komersil.

Contoh teknologi lain Abad 20: Kulkas, Teknologi vaksinasi, vakum, microwave.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21
Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan hal lainnya.


Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, telah menyempit hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi yang digunakan untuk tujuan damai; pengembangan lebih intens senjata telah terjadi sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.

Dampak teknologi dan masyarakat sekitar dalam banyak cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global saat ini) dan telah memungkinkan peningkatan gratis. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak diinginkan, yang disebut polusi, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.

Berbagai aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai masyarakat dan teknologi baru seringkali menimbulkan pertanyaan etis baru. Misalnya, gagasan luas efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, istilah yang di Hosono dan Ryuichi Sakamoto hanya menyangkut mesin, contoh-contoh lain yang menantang norma-norma tradisional.

Ilmu, rekayasa, dan teknologi
Perbedaan antara ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi tidak selalu jelas. Ilmu adalah investigasi penalaran atau ilmu tentang fenomena, ditujukan untuk menemukan prinsip-prinsip yang melekat dalam unsur-unsur dunia fenomenal dengan menggunakan teknik formal metode ilmiah. Teknologi tidak selalu merupakan hasil dari ilmu pengetahuan belaka, karena teknologi harus memenuhi persyaratan seperti utilitas, kegunaan dan keamanan.

Rekayasa adalah proses berorientasi tujuan dari perancangan dan pembuatan peralatan dan sistem untuk mengeksploitasi fenomena alam dalam konteks praktis bagi manusia, seringkali (tetapi tidak selalu) menggunakan hasil dan teknik dari ilmu pengetahuan. Pengembangan teknologi dapat digambarkan dalam banyak domain pengetahuan, termasuk pengetahuan ilmiah, teknik, matematika, linguistika, dan sejarah, untuk mencapai hasil praktis.

Teknologi seringkali merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa – meskipun teknologi sebagai aktivitas manusia sering mendahului kedua domain tersebut. Sebagai contoh, ilmu pengetahuan bisa mempelajari aliran elektron dalam konduktor listrik, dengan menggunakan peralatan, dan pengetahuan yang telah ada sebelumnya.

Pengetahuan yang baru ditemukan ini kemudian dapat digunakan oleh para insinyur, dan teknisi untuk menciptakan peralatan dan mesin-mesin baru, seperti semikonduktor, komputer, dan bentuk lain dari teknologi canggih lainnya. Dalam perspektif hari ini, para ilmuwan dan insinyur dapat keduanya dianggap sebagai “teknolog”; Domain ketiga sering dianggap sebagai salah satu untuk keperluan penelitian dan referensi.


Kemajuan Teknologi

Hal ini tidak bisa dipungkiri jika kemajuan teknologi saat ini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Alih-alih sederhana, ke dunia menghebohkan.

Sebenarnya, teknologi telah ada sejak zaman dahulu, zaman Romawi kuno. Perkembangan teknologi berkembang secara dramatis, dan terus berkembang saat ini. Sampai membuat objek, teknik yang dapat membantu orang dalam pelaksanaan sesuatu yang lebih efisien, dan cepat. Salah satunya adalah seperti yang ada di Indonesia, yaitu fenomena mobil esemka yang diciptakan beberapa sekolah di Solo. Mobil nasional telah membuat inovasi untuk Indonesia. Selain itu, ada di Sidoarjo yang memproduksi kapal untuk kebutuhan nelayan.

Ada tiga klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu :


  • Kemajuan teknologi netral

Terjadi ketika tingkat pengeluaran (output) meraih pendapatan yang lebih tinggi dengan kuantitas dan kombinasi faktor (input) yang sama.


  • Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja

Kemajuan teknologi yang terjadi sejak akhir abad kesembilan belas, banyak ditandai dengan peningkatan pesat dalam teknologi hemat tenaga kerja dalam memproduksi segala sesuatu dari kacang untuk sepeda ke jembatan.


  • Modal hemat kemajuan teknologi

Sebuah fenomena yang relatif langka. Hal ini terutama karena hampir semua riset teknologi, dan ilmu pengetahuan di dunia dilakukan di negara-negara maju, yang dimaksudkan untuk menghemat tenaga kerja, bukan modal.


Manfaat Teknologi

Penemuan teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat setiap tahunnya. Berbagai alat atau mesin yang terdapat saat ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Alat-alat tersebut diciptakan dan dilengkapi dengan kegunaannya masing-masing. Teknologi yang semakin canggih itu pula yang membuat manusia terus menunjukkan keterampilan dan memberikan inovasi untuk menciptakan teknologi yang lebih baru.

Dengan adanya penemuan teknologi, dapat memberikan banyak manfaat terhadap kehidupan manusia. Salah satunya adalah menyediakan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan seluruh permasalahan yang dihadapi. Selain itu, masih terdapat beberapa manfaat teknologi lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

1. Di bidang Pendidikan
Sebelum berkembangnya teknologi internet¸ sistem pembelajaran dilakukan secara konvensional yaitu pengajar yang memberikan materi secara face to face di hadapan siswa. Namun, sejak adanya internet dapat diciptakan sistem pembelajaran yang lebih modern atau dikenal dengan e-learning system.

Dimana pengajar tidak harus berada di hadapan siswa untuk memberikan materi tetapi dapat dilakukan secara maya dengan menggunakan sistem tersebut. Dengan sistem itu juga, pengajar lebih mudah dalam memberikan penilaian terhadap pemahaman dari setiap siswa.

2. Dibidang Transportasi
Perkembangan teknologi juga mempengaruhi dunia transportasi. Bayangkan saja, sebelum adanya kendaraan seperti sepeda motor, bus, mobil dan sebagainya maka untuk berkunjung ke suatu lokasi maka Anda harus berjalan kaki untuk menempuhnya. Namun, dengan adanya kendaraan saat ini Anda dapat melakukan perjalanan ke berbagai lokasi di dunia dengan begitu mudah dan cepat.

3. Dibidang Kedokteran
Saat ini, penggunaan teknologi dibidang kedokteran telah berkembang dengan pesat. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu melakukan cek rutin ke rumah sakit untuk memeriksa kesehatan. Sebab, saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi yang dikembangkan untuk menjawab semua keluhan mengenai kesehatan Anda. Jawaban tersebut juga ditangani langsung oleh para dokter professional.

4. Dibidang Komunikasi
Sekarang ini sudah banyak teknologi yang digunakan sebagai media komunikasi, seperti handphone, tablet, smartphone atau lainnya. Seluruh teknologi tersebut diciptakan untuk memberikan kemudahan bagi manusia untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertatap muka langsung. Bahkan, Anda dapat melakukan komunikasi dengan orang yang berbeda wilayah dengan cepat dan biaya yang dibutuhkan juga sangat kecil.

5. Di bidang Bisnis
Apakah Anda mengenal ATM (Automated Teller Machine) ? Ya, ATM itu merupakan mesin yang memberikan pelayanan kepada nasabah untuk melakukan segala jenis transaksi dengan mudah dan cepat. Mesin ini juga menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi yang dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan komputer.

Macam-macam Teknologi

Saat ini, berbagai jenis teknologi terus bermunculan seiring dengan perkembangan zaman. Berikut ini akan dijelaskan mengenai macam-macam teknologi yang berkembang hingga saat ini.

1. Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi dapat diartikan sebagai suatu perangkat yang memungkinkan setiap individu untuk saling mengirimkan atau menerima informasi ataupun data kepada orang lain.

Perkembangan teknologi komunikasi ditandai dengan adanya perangkat telepon genggam yang awalnya menggunakan sinyal analog yang terus berkembang dan berubah menggunakan sinyal digital. Beberapa contoh yang termasuk kedalam teknologi komunikasi adalah handphone, fax, telegram, email dan aplikasi chatting lainnya.

2. Teknologi Informasi / Informatika
Teknologi informasi (Information technology) atau biasa disebut dengan TI atau IT merupakan teknologi yang membantu Anda dalam memberikan berbagai informasi dalam waktu yang cepat. Sebenarnya, teknologi informasi sudah ada sejak dahulu, seperti kentongan yang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, kentongan telah digantikan dengan suatu teknologi yang lebih modern atau teknologi terkini namun tidak menghilangkan nilai dari teknologi terdahulu. Beberapa contoh dari teknologi informasi terkini adalah televisi, radio, komputer, notebook dan sebagainya.

3. Teknologi Transportasi
Teknologi transportasi berhubungan dengan alat transportasi yang membantu Anda untuk melakukan perjalanan ke lokasi yang dituju dalam waktu yang cepat. Perkembangan teknologi transportasi dimulai dengan dimanfaatkannya tenaga hewan, seperti kuda hingga diciptakannya teknologi yang dioperasikan dengan mesin yang fungsinya juga sama dengan teknologi sebelumnya.

4. Teknologi Medis

Teknologi medis sendiri berkaitan dengan dunia kedokteran, dimana teknologi medis ini berkembang dengan memanfaatkan teknologi komputer. Perkembangan teknologi di dunia kedokteran ini banyak digunakan untuk membantu para dokter mendiagnosa penyakit yang diderita pasien dan membantu dalam melakukan penelitian. Beberapa contoh dari bentuk teknologi medis adalah CT-Scan, mikroskop dan berbagai alat bedah lainnya.
Itulah pembahasan mengenai definisi pengertian teknologi, manfaat teknologi beserta macam-macam teknologi yang berkembang saat ini. Penulis berharap Anda bukan hanya mampu menyebutkan istilah teknologi dengan begitu mudah tanpa memahami esensi dari teknologi tersebut. Dengan begitu, Anda dapat memahami manfaat yang ditimbulkan dari teknologi itu dan dapat menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Posting Komentar untuk "Definisi Teknologi Terlengkap, Pengertian, Sejarah Dan Manfaat"